Teknik Dasar Kimia

Buret

Ini buret yang biasa di gunakan untuk larutan yang tidak peka terhadap cahaya, teknik pembacaannya adalah dengan membaca miniskus bawahnya. kecuali untuk larutan yang berwarna pekat miniskus yang di baca adalah miniskus atas.
agak ribet sii sebenernya, karena kita harus bisa mengira ngira dan juga perkiraan itu harus pas, jadi gimana yaa??? hhehehe
jadi, kita harus bisa baca skalanya dengan baik dan benar dengan dua angka di belakang koma, karena kelebihan atau kekurangan baca skala bisa berakibat fatal di hasil pengujian kita.
Selamat Mencoba yaaa ….

SIMAK
Buret adalah sebuah peralatan gelas laboratorium berbentuk silinder yang memiliki garis ukur dan sumbat keran pada bagian bawahnya. Ia digunakan untuk meneteskan sejumlah reagen cair dalam eksperimen yang memerlukan presisi, seperti pada eksperimen titrasi. Buret sangatlah akurat, buret kelas A memiliki akurasi sampai dengan 0,05 cm Menggunakan buret Oleh karena presisi buret yang tinggi, kehati-hatian pengukuran volume dengan buret sangatlah penting untuk menghindari galat sistematik. Ketika membaca buret, mata harus tegak lurus dengan permukaan cairan untuk menghindari galat paralaks. Bahkan ketebalan garis ukur juga mempengaruhi; bagian bawah meniskus cairan harus menyentuh bagian atas garis. Kaidah yang umumnya digunakan adalah dengan menambahkan 0,02 mL jika bagian bawah meniskus menyentuh bagian bawah garis ukur. Oleh karena presisinya yang tinggi, satu tetes cairan yang menggantung pada ujung buret harus ditransfer ke labu penerima, biasanya dengan menyentuh tetasan itu ke sisi labu dan membilasnya ke dalam larutan dengan pelarut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s